Breaking News

Terbangun dari Tidur Panjang


Anthony de Mello, seorang filsuf spiritual yang mendalam, pernah berkata, "Kebanyakan orang tidak tahu bahwa dirinya tertidur." Ungkapan ini mengundang kita untuk merenung lebih dalam tentang kualitas hidup yang kita jalani. 

Apakah kita benar-benar hidup, atau hanya sekedar bergerak mengikuti arus tanpa kesadaran?


Kita seringkali terjebak dalam rutinitas yang membosankan. Bangun tidur, bekerja, makan, tidur lagi. Hari demi hari berlalu tanpa adanya perubahan berarti. Kita hidup dalam mode autopilot, tanpa pernah benar-benar merasakan keindahan dan kedalaman hidup. Kita seperti sedang berjalan dalam mimpi, tidak menyadari potensi dan kekuatan yang sebenarnya kita miliki.


Mengapa Kita Tertidur?. Ada beberapa alasan mengapa kita bisa terjebak dalam tidur panjang ini: Takut akan perubahan (Kita lebih nyaman dengan zona nyaman kita, meskipun zona nyaman itu tidak membuat kita bahagia). Kurangnya kesadaran diri (Kita tidak tahu apa yang sebenarnya kita inginkan dalam hidup). Takut akan kegagalan (Kita takut mencoba hal-hal baru karena takut gagal). Terlalu banyak mengikuti standar orang lain (Kita hidup untuk menyenangkan orang lain, bukan untuk diri kita sendiri).


Membangunkan Diri. Untuk keluar dari tidur panjang ini, kita perlu melakukan beberapa hal, Sadari keberadaan kita, Tentukan tujuan hidup Anda, Keluar dari zona nyaman, Jangan takut gagal, Jadilah diri sendiri.


Masa Depan itu Perlu Diperjuangkan. Masa depan kita adalah hasil dari tindakan kita hari ini. Jika kita terus tidur, maka masa depan kita akan menjadi suram. Kita perlu bangun, berjuang, dan menciptakan masa depan yang lebih baik, tidak hanya untuk diri kita sendiri, tetapi juga untuk generasi mendatang.

Jangan biarkan orang lain merusak masa depan kita. Kita memiliki kekuatan untuk mengubah dunia. Mari kita gunakan kekuatan itu untuk kebaikan. Mari kita bangun dari tidur panjang dan hidup dengan penuh kesadaran, semangat!!!.


Mulai hari ini, lakukan satu hal kecil yang membawa kita keluar dari zona nyaman kita.

Ingatlah, hidup terlalu singkat untuk disia-siakan. Bangunlah, hiduplah, dan raihlah mimpi-mimpi kita. "The only person you are destined to become is the person you decide to be." - (Ralph Waldo Emerson).

"The future belongs to those who believe in the beauty of their dreams." - (Eleanor Roosevelt).

Wallahu a’lam bishawab. Semoga tulisan singkat ini dapat bermanfaat.


Dr. H.Rusdan, S.Pd.,SH.,MM.Pd. ( Praktisi Pendidikan, Pemerhati Pendidikan dan sosial, Akademisi)

Tidak ada komentar